Rabu, 06 Juli 2011

TUTORIAL PHOTOSHOP: VINTAGE IMAGE


Beberapa tahun lalu, sampul album Testify milik band POD menarik perhatian saya. Desain cover albumnya simple dan menarik terutama warnanya yang bernuansa vintage. Bertahun-tahun kemudian, berkat beberapa tutorial mengenai cara membuat vintage image dari internet barulah saya mengetahui sedikit trik untuk membuat photo vintage dengan warna seperti pada album Testify. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka photo yang ingin diedit. Saya meminjam photo jepretan Ersin (belum minta ijin sebenarnya, semoga yang punya tidak mengamuk :D)


2. Duplicate layer background (layer --> duplicate layer), kemudian image --> apply images dengan settingan seperti ini. Saya menggunakan multiply karena image yang saya gunakan terlalu terang, jika menggunakan image yang agak gelap, gunakan settingan: screen


3. Kemudian filter --> blur --> gaussian blur. Settingan yang saya gunakan


 4. Set blending optionnya menjadi soft light


5. Buat dua layer baru. Kemudian dengan menggunakan paint bucket tool, warnai layer paling atas dengan warna kuning dan layer di bawahnya dengan warna biru tua. Set opacity menjadi 70% dan fill 70 % pada kedua layer tersebut. 


6. Set blending option layer kuning menjadi Multiply, sedangkan layer biru tua jadikan Lighten


7. Karena di image yang saya gunakan terdapat matahari, maka saya menambahkan layer berwarna merah untuk memberikan sedikit nuansa hangat, kemudian setting blending optionnya menjadi (soft light dan opacity 70 %, fill 70%). 


8. Merge semua layer (ctrl + e). Untuk versi CS2, merge layer biru dengan background terlebih dahulu setelah itu baru merge layer kuning dengan background.
9. Duplicate layer background kemudian image --> adjustment --> levels. Settingan yang saya gunakan :


10. Settingan tersebut akan membuat image agak gelap. Gunakan eraser tool untuk menghapus bagian tengah layer untuk atau gunakan layer mask (layer --> layer mask --> reveal all) kemudian gunakan brush tool dengan foreground hitam untuk menghapus layer pada bagian yang ingin dihilangkan.


11. Hasilnya:

Note: Setelah mencoba trik ini pada beberapa photo, sepertinya trik ini paling tepat digunakan pada gambar yang berlatar pemandangan terutama yang terdapat langit. 


SELAMAT MENCOBA
RUMAHGAMBAR.COM




2 komentar:

  1. wawwww that's cool bro.........

    BalasHapus
  2. It's amazing man..
    visit my blog http://ifotoku.blogspot.com/

    BalasHapus

FOLLOWER

READ MORE